Jokowi Tegaskan Jangan Lagi Bermain Proyek Listrik Terlantar
PLTG MPP Parit Baru 4x25 MW Jungkat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah.

Mempawah, Seruu.com - Presiden RI, Joko Widodo memperingatkan agar jangan ada lagi pihak yang bermain-main dan mengambil keuntungan dalam 34 proyek pembangkit listrik terlantar di PT. PLN.

"Jangan dipikir saya tidak tahu, supaya saudara ngerti saja. Saya biasa bekerja detil, silakan, saya memberikan ruang diteruskan silakan karena uang kita yang sudah nancep habis di situ banyak, tetapi jangan dimain-mainkan lagi," tegas Jokowi, di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (17/3).

Jokowi berada di Mempawah untuk meresmikan pembangkit listrik bergerak yang berkekuatan 4x25 MegaWatt, di Desa Jungkat, Kecamantan Siantan, Kabupaten Mentawah.

Salah satu pembangkit listrik yang terlantar, yakni PLTG Mempawah (4x25 MegaWatt) telah terbengkalai pembangunannya sejak 2007 lalu, yang sudah menenelan dana sebesar Rp1,5 triliun, lokasinya tepat di sebelah PLTG MPP Mempawah.

"Saya tidak mau nanti kapasitasnya hanya 30 persen atau 40 persen. Untuk apa? Dan saya bisa mengecek itu. Jangan main-main dengan hal teknis dan detil, pasti saya akan lihat karena menyangkut uang yang triliunan," ujarnya.

Jokowi juga menyatakan, meneruskan proyek kelistrikan yang terlantar jangan asal-asalan, pun tidak akan ada lagi celah penyalahgunaan pelaksanaan dan pendanaan proyek kelistrikan itu.

Selanjutnya Presiden Jokowi menyebutkan contoh kecurangan seperti  dengan hanya sekedar mengecat baru turbin yang lama dan sebagainya.

"Jadi kalau dimain-mainin, awas! Saya hanya satu kata: Awas! Itu saja! Tidak usah takut kalau hal-hal yang baik, pasti saya back up. Tapi kalau yang tidak benar, hati-hati... Hati-hati!," tandas  Jokowi.

Dia telah meminta laporan dari BPKP mengenai 34 proyek pembangkit listrik yang terbengkalai sejak 7-8 tahun lalu. Data menunjukkan, 71 proyek dari 109 proyek masih dalam tahap perencanaan dan pengadaan. (Ant)

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar